Deretan Karakter Film Yang Berjuang Layaknya Pria Sejati

Pada saat menonton film, tentu kita tak hanya ingin sekedar menikmati sebagai hiburan semata, pastinya kita ingin mengambil juga hal positif yang ada dalam film tersebut. Yah, meskipun itu hanyalah sesuatu yang bersifat hibutan, pasti dong akan banyak sekali inspirasi atau pun ide yang bisa lo petik. Well, selain karena alur ceritanya yang mengagumkan, banyak juga orang yang menonton film karena karakter pemainnya. Salah satunya, pemeran yang ganteng dan tipe cowok idaman. Walaupun hanyalah fiksi, akan tetapi itu lah yang menjadikan alasan para kaum hawa menyukai film tersebut. Nah, berikut gue akan kasih lo deretan karakter film yang berjuang layaknya pria sejati. Penasaran siapa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Joni

Karakter utama dari film Janji Joni (20015) ini diperanin sama Nicholas Saputra yang jadi idola para cewek sampai sekarang. Joni adalah seorang pemuda yang berprofesi jadi pengantar gulungan film di sebuah bioskop. Dalam ngejalanin pekerjaannya, Joni berani menghadapi segala risiko. Berkat kegigihan menuhin tanggung jawabnya, Joni sampai ditaksir dua cewek, namanya Voni (Rachel Maryam) dan Angelique (Mariana Renata). Selain bekerja di sore hari, Joni sibuk kuliah di pagi hari. Nah, buat lo yang mahasiswa, coba tekuni keuletan Joni yang udah bisa cari penghasilan sambil kuliah.

2. Norman Ellison

Masih inget film Fury (2014)? Kita disuguhin pertempuran tank yang keren banget. Di film ini, kita juga melihat kisah kekeluargaan para tentara yang dipimpin sama Sersan Wardaddy (Brad Pitt). Karakter yang awalnya culun di film ini adalah seorang prajurit bernama Norman (Logan Lerman) yang awalnya cuma jadi tentara juru ketik. Norman terpaksa bergabung ke pasukan tank pimpinan Wardaddy. Awalnya, dia enggak mau ngebunuh siapa pun. Namun, kondisi perang yang kejam bikin Norman harus belajar jadi seorang tentara yang sedia ngebunuh lawan-lawannya di medan perang. Kehadiran Norman awalnya bikin Wardaddy dan tentara yang lain kesel, tapi akhirnya Norman belajar bahwa perang memang kejam. Norman yang awalnya culun akhirnya bisa jadi penembak yang andal dan dianggap pahlawan bagi negaranya.

3. Nacho

Film-film yang nampilin Jack Black pasti punya sentuhan humor yang bikin kita cekikikan. Nacho Libre (2006) berkisah tentang seorang biarawan bernama Nacho (Jack Black) yang berusaha nyenengin anak-anak yatim piatu. Nacho juga terobsesi jadi seorang pegulat dan naksir sama biarawati cantik bernama Suster Encarnacion (Ana de la Reguera). Nacho yang seorang biarawan juga berusaha unjuk gigi sama Encarnacion. Belakangan, Encarnacion dan anak-anak yatim piatu dari biara tahu usaha Nacho yang terjun ke dunia gulat. Setelah memenangi kejuaraan gulat, Nacho pakai uang hadiah buat beli sebuah bus biar bisa ngajak anak-anak biara jalan-jalan. Film ini ngajarin kita perjuangan keras seorang biarawan yang pengen jadi pegulat. Meski agak bertentangan sama prinsip relijius, usaha Nacho terbayar ngantongin gelar juara.

4. Chong Li

Bloodsport (1988) ngisahin Frank Dux (Jean-Claude Van Damme) yang ikut kompetisi beladiri mematikan di Hong Kong. Frank harus berhadapan sama petarung lokal bernama Chong Li (Bollo Yeung) yang dikenal sebagai petarung paling sangar. Film ini juga dikenang banyak orang karena karakter Chong Li yang begitu fenomenal. Chong Li adalah petarung berbadan besar yang rambutnya gondrong dan badannya berotot banget. Berkat film ini, enggak sedikit anak cowok ’80-an terobsesi punya badan sekekar Chong Li buat menarik perhatian lawan jenis.

5. Takuma

Takuma adalah cowok yang punya penyakit jantung bawaan dan didiagnosis akan mati sebelum berumur 20 tahun. Karakter ini berasal dari film I Give My First Love to You (2009). Takuma punya pacar bernama Mayu dan berjanji menikahinya di umur 20 tahun. Takuma kenal Mayu dari kecil karena dokter yang menangani penyakitnya adalah bokapnya Mayu. Seiring berjalannya waktu, Takuma sadar kalau dia enggak bakal hidup mencapai usia 20 tahun. Takuma ngelakuin berbagai upaya buat ngejauhin Mayu dari kehidupannya karena dia tahu kalau Mayu bakal kecewa banget seandainya pernikahan mereka batal karena kondisi kesehatannya. Ada adegan keren waktu Takuma lomba lari sama cowok yang nantangin dia. Di situ terlihat Mayu yang khawatir banget. Takuma pun berusaha sepenuh hati nunjukin rasa sayangnya meskipun umurnya enggak bakal panjang.

6. Nadim

Nadim (Winky Wiryawan) adalah anak dari pasangan Pak Haji (El Manik) dan Salma (Jajang C.Noer) yang ada di film Berbagi Suami (2006). Melihat kondisi nyokapnya yang dipoligami, dia tumbuh sebagai pemuda yang mencari makna hubungan cinta. Dengan statusnya sebagai anak pertama, Nadim ikut bertindak mengambil keputusan waktu bokapnya udah mulai sakit-sakitan di tengah-tengah kondisi keluarga yang semakin ribet karena bokapnya punya banyak istri. Di akhir cerita, Nadim mutusin untuk jadi relawan ke Aceh sambil mencari makna hidup yang dia cari selama ini.

7. Carl Breashear

Carl Breasher (Cuba Gooding Jr.) dari film Men of Honor (2000) adalah US Navy Driver pertama yang berasal dari masyarakat Afro-Amerika. Karena kecelakaan, kakinya terpaksa diamputasi. Di tengah kondisi fisiknya yang cacat, Carl bersikeras untuk melanjutkan karier di Angkatan Laut. Tugas berat menanti Carl, tapi untungnya dibantu sama Master Chief Billy Sunday (Robert De Niro). Billy Sunday tetep percaya sama kapasitas Carl dan jadi mentornya selama latihan dan lain sebagainya. Adegan paling keren dari film ini adalah adegan di pengadilan militer waktu Billy Sunday nyemangatin Carl yang harus berjalan di dalam kostum scuba dalam kondisi kakinya yang cacat. Karakter Carl jadi simbol perlawanan terhadap rasisme dan simbol pantang menyerah di tengah keterbatasan fisik.

8. Henry Roth

Gimana sih rasanya jadi cowok yang harus berkali-kali kenalan sama cewek yang dia suka? Di 50 First Dates (2004), Adam Sandler berperan sebagai Henry Roth, seorang veterinarian di Hawaii yang jatuh cinta sama seorang cewek. Cewek itu adalah Lucy Whitmore (Drew Barrymore) yang menderita memori jangka pendek karena sebuah kecelakaan. Ingatan Lucy cuma bertahan satu hari. Ketika bangun di keesokan harinya, ingatan di hari kemarin langsung hilang. Hubungan Henry dan Lucy sempat ditentang sama bokap dan abangnya Lucy. Bukannya cari cewek lain, Henry malah setia mencintai Lucy dan bikin video buat ngejelasin kenapa Lucy bisa hilang ingatan dan lain sebagainya. Akhirnya, Henry tetep setia sama Lucy sampai mereka berdua nikah dan punya anak. Dengan sentuhan komedi, karakter Henry Roth bikin film ini makin lucu dan asyik.

9. Nicholas Angel

Nicholas Angel (Simon Pegg) adalah seorang opsir polisi Kota London yang dimutasi ke Desa Sandford. Promosi jadi sersan, Angel malah enggak bisa bertugas di ibukota karena dia digeser sama rekan dan atasannya. Kerjanya terlalu serius dan idealis sehingga bikin polisi lain terlihat payah. Di balik dedikasi dan idealismenya yang tinggi sebagai seorang polisi, rupanya Angel punya pengalaman buruk di masa kecil. Dia pernah dikasih mobil-mobilan dari pamannya, seorang polisi yang rupanya tererat kasus uang haram. Mengetahui pamannya bukan polisi jujur, mobil-mobilan kesayangannya ditinggal sampai berkarat. Dari situlah Angel berusaha jadi polisi yang jujur dan melayani masyarakat.

Begitu pindah ke Sandford, Angel juga enggak disukain sama rekan dan bosnya sendiri. Namun, dia bersahabat sama opsir Daniel Butterman (Nick Frost). Dari sini, mereka berdua sama-sama mencari jati diri sebagai seorang polisi. Akhirnya Angel jadi pahlawan Desa Sandford setelah berhasil membongkar pembunuhan misterius di desa tersebut.

10. Daniel LaRusso

Kalau suka nonton film beladiri, lo pasti tahu The Karate Kid (1984), dong. Film ini berkisah tentang cowok bernama Daniel LaRusso (Ralph Maccio) yang belajar karate sama Mister Miyagi (Pat Morita). Awalnya, Daniel adalah anak pindahan di lingkungan barunya. Ia berkenalan sama cewek bernama Ali Mills (Elisabeth Shue). Perkenalannya dengan Ali ternyata membawa masalah. Dia harus berhadapan sama anak berandalan bernama Johnny (William Zabka) bersama gerombolan Cobra Kai yang tergabung di dojo karate. Sebelom babak belur, Daniel ditolong sama Miyagi yang ngeluarin jurus andalannya.

Daniel yang terkesima minta diajarin berantem sama Miyagi, tapi permintaannya ditolak mentah-mentah. Miyagi lebih suka kalau masalah dengan para anggota Cobra Kai diselesaikan dengan cara yang baik-baik. Dari sinilah akhirnya Daniel dilatih karate sama Miyagi buat ngadepin anggota Cobra Kai di sebuah ajang kompetisi. Daniel jadi lebih mampu menguasai dirinya dengan menanamkan nilai-nilai keseimbangan dalam kehidupan yang diajarin sama Miyagi. Kita pasti ingat sama adegan Daniel melawan Johnny, apalagi Daniel berantem sambil cedera kaki yang bikin kita miris ngelihatnya. Kerennya, Daniel yang lagi meringis kesakitan langsung ingat nasihat dari Miyagi waktu latihan. Dengan pose bangau, akhirnya Daniel berhasil ngalahin Johnny dengan dramatis.

Dari semua karakter film di atas. Hayoo siapa sih, yang jadi karakter yang jadi panutan lo? Tokoh-tokoh ini punya perbedaan latar belakang dan jalan hidup masing-masing sesuai dengan alur cerita di film. Tentunya, lo bisa ambil hikmahnya dari kisah mereka yang gigih berjuang.