Pasoa dan Sang Pemberani, Film Karya Anak Bangsa Yang Patut Dicontoh

Heii, kalian pada tau gak, kalau ada anak bangsa yang berhasil dan sukses membuat film animasi yang sudah berhasil ditayangkan? Ya, film itu berjudul Pasoa dan Sang pemberani. Film itu adalah sebuah cerita klasik tradisional yang bercerita tentang kekayaan alam dan kekayaan hayati Indonesia yang sering disalah gunakan bahkan di explore secara berlebihan demi keuntungan segelintir orang tertentu sehingga membuat beberapa pemuda salah pengertian tentang keberadaan Pasoa. Mereka memutuskan untuk untuk melindungi kekeyaan alam dan kekayaan hayati Indonesia.

Kalian udah pasti tau dong bahwa di Kudus, Jawa Tengah telah ada sebuah studio animasi baru dengan standard internasional bernama RUS Animation Studio. Studio itulah yang memproduksi sebuah film animasi Pasoa dan Sang Pemberani. Hebatnya lagi semua tim produksi film ini adalah teman-teman dari SMK Raden Umar Said. Mulai dari perencanaan awal sampai dengan hasil akhirnya dan mereka semua dibimbing oleh para pengajar berpengalaman yang sudah mendapatkan lisensi dari Autodesk langsung. Bingung ya apa itu Autodesk? Autodesk adalah sebuah perusahaan software yang menghasilkan software 3D seperti Maya dan 3Ds Max.

Bahkan mereka juga mendatangkan praktisi berpengalaman dari Walt Disney Animation Studio yaitu Woody Woodman yang ikut serta dalam pembuatan film animasi Disney Mulan (1998), Tarzan (1999) dan Brother Bear (2003). Woody Woodman datang untuk berbagi pengalaman serta berbagi tips dan trik dalam membuat animasi yang baik dan benar.

RUS Animation Studio ini merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak antara pemerintah Indonesia, Autodesk, SMBC (Sumitomo Mitsui Banking Corporation) dan Djarum Foundation. Mereka ingin agar industri kreatif (khususnya animasi) di Indonesia semakin maju, berkembang dan merata. Jadi tidak hanya kota-kota besar saja yang berhasil tetapi kota0kota kecil pun mampu membuat film animasi yang bagus dengan berstandart internasional.

RUS Animation Studio bekerja dengan keras karena junlah tim tida terlalu banyak sehingga mereka harus merangkap beberapa pekerjaan sekaligus. Pembuatan film animasi pastinya tidak luput dari pembuatan cerita, script dan storyboard yang pasti nya akan menjadikan Film ini lebih hidup. Gimana keren banget kan? RUS Animation Studio juga bekerja dengan super keras dan mengikuti kelas-kelas storyteller terlebih dahulu sampai akhirnya harus bertatap muka langsung dengan Woody Woodman. Ia termasuk salah satu tim pengajar storryteller dan illustrator di Walt Disney Animation Studio. Wuihh sudah pasti berkelas nih…

Dari semua karakter, hanya karakter Pasoa yang paling ditonjolkan. Di ruang color grading RUS Animation Studio ada patung clay untuk design Pasoa itu sendiri dan mereka banyak melakukan line test bagaimana looks nya nanti di dalam film. Mereka juga harus membuat design terpisah untuk dijadikan modeling guide seperti ketika karakter tersebut harus menggunakan armor atau tidak.

Nah, pasti kalian penasaran banget kan? Bagi yang belum menonton dan kepo banget sama cerita apa aja yang ditonjolkan dalam film ini, ayo dong buruan nonton untuk mengetahui cerita serunya. Film Pasoa ini banyak mengandung cita-cita yg besar banget buat Indonesia, khususnya di dunia animasi Indonesia.

Berkat adanya film animasi Pasoa ini, dunia jadi bisa melihat dan mengenal ketahanan budaya Indonesia di zaman sekarang ini agar mereka jangan taunya import budaya dari luar saja. Selain itu, lewat film ini Indonesia bisa memberikan keunikan-keunikan tersendiri seperti 17 ribuan pulau, 700 lebih bahasa dan 1000 etnis. Kita nantikan aja ya seperti apa lagi film animasi karya anak bangsa selanjutya.