Pentingnya Peran Stuntman Dalam Keberhasilan Sebuah Film

Di dalam pembuatan sebuah film, termasuk film-film yang memiliki banyak adegan berbahaya, tidak akan pernah terlepas dari jasa seorang stuntman atau pemeran pengganti.

Tidak banyak aktor dan aktris seperti Jacky Chan, Tom Cruise, Angelina Jolie, dan beberapa artis dan aktor lainnya yang memilih untuk melakukan sendiri adegan sulit dan berbahaya dalam film yang mereka bintangi. Beberapa aktor atau aktris lainnya, mungkin akan berpikir dua kali untuk mengikuti jejak berisiko tersebut.

Pemeran pengganti (stuntman) adalah seseorang yang menggantikan aktor/aktris utama dalam suatu adegan berbahaya, seperti melompat dari satu gedung ke gedung yang lain, ditembakkan dengan senapan dan hal-hal berbahaya lainnya.

Dan saat ini, Stuntman sudah menjadi salah satu cabang bidang karier yang cukup diminati oleh banyak orang. Selain bisa beradu akting dengan artis dan aktor terkenal Hollywood, bayaran seorang Stuntman juga cukup besar.

Selain bernyali besar dan memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan untuk melakoni sebuah adegan tertentu, seorang pemeran pengganti biasanya juga harus memiliki ciri-ciri fisik yang agak mirip dengan aktor atau aktris utama yang digantikannya.

Berikut adalah beberapa nama Stuntman, yang cukup terkenal sebagai pemeran pengganti atau stuntman di beberapa Film Hollywood:

1. Richard Cetrone

Richard Cetrone adalah salah satu Stuntman yang sangat berbakat dan sangat berjasa di dalam beberapa Film Hollywood. Richard adalah spesialis pemeran pengganti untuk aktor terkenal “Ben Affleck”.

Beberapa Film Ben, seperti: Batman vs Superman: Dawn of Justice, Suicide Squad, dan The Accountant, menggunakan Richard sebagai Stuntmannya.

Richard juga cukup handal menjadi seorang aktor motion capture (proses perekaman wajah dan gerakan menjadi model animasi digital). Karena bakat yang dimilikinya tersebut, Richard pernah dinobatkan sebagai peraih penghargaan Outstanding Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture di Screen Actors Guild Award.

2. Daniel Stevens

Daniel Stevens lahir dan dibesarkan di Australia. Sejak kecil, Daniel Stevens sangat menyukai olahraga bela diri, balap sepeda, mendaki, dan selancar air. Hobi pria berusia 37 tahun inicukup menjadi modal Daniel Stevens untuk menjadi seorang stuntman.

Tak heran jika ia mendapat banyak tawaran untuk menjadi Stuntman dibeberapa aktor kelas dunia, seperti: sebagai pengganti Hayden Christiensen (Attack of the Clones), Zachary Quinto (Star Trek: Into Darkness), Hugh Jackman (X-Men: Days of Future Past), dan Robert Downey Jr. (Captain America: Civil War).

Berikut ini adalah beberapa aksi dari Daniel Stevens sebagai Stuntman di dalam film Hollywood:

3. Alex Kyshkovych

Alex Kyshkovych adalah seorang Stuntman kelahiran Rusia, yang sekarang tinggal di Kanada. Alex Kyshkovych adalah pemeran pengganti Ryan Reynolds, yang merupakan pemeran utama dalam Film Deadpool.

Film ini merupakan film yag banyak mencetak rekor box office dan berhasil membuat banyak orang terkesima dengan berbagai adegan laga di dalamnya. Alex Kyshkovych juga dipercaya untuk menjadi Stuntman Leonardo Dicaprio dalam film The Revenant.

4. Albert Valladares

Albert Valladeres adalah stuntman Henry Cavill dalam film Batman vs Superman: Dawn of Justice. Sebelumnya ia menjalankan peran serupa dalam serial Teen Wolf, Bones, dan CSI: Miami.

Albert Valladeres dijuluki sebagai laba-laba, karena sangat mahir dalam aktivitas parkour yang mengandalkan kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, melintasi berbagai rintangan, seperti cabang-cabang pohon, bebatuan, hingga tembok beton.

Berikut ini adalah beberapa aksi dari Albert Valladeres:

5. Heidi Moneymaker

Heidi Moneymaker merupakan salah satu anggota tim senam di University of California Los Angeles (UCLA). Karena Heidi Moneymaker memiliki gerakan tubuh yang luwes, perempuan separuh baya ini akhirnya memilih untuk melakukan pekerjaan sebagai seorang stuntwoman dalam berbagai film.

Dan karena kemampuan yang dimilikinya, saat ini Heidi Moneymaker menjadi langganan sebagai pemeran pengganti Scarlett Johansson termasuk untuk peran Black Widow, di dalam film Captain America: Civil War.

Berikut ini adalah beberapa adegan berbahaya yang dilakukan oleh Heidi Moneymaker:

6. Renae Moneymaker

Renae Moneymaker adalah adik dari Heidi Moneymaker yang usianya sembilan tahun lebih muda dari Heidi. Seakan tidak mau kalah dengan kakaknya, Renae Moneymaker mengikuti jejak kakanya dengan memilih untuk menjadi pemeran pengganti atau Stuntwoman.

Renae Moneymaker merupakan sosok di balik berbagai adegan berbahaya yang dilakukan oleh Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games: Mockingjay – Part 2, X-Men: Apoclypse, dan Passengers. Renae juga sempat menjadi pemeran pengganti Saoirse Ronan di film The Host.

Berikut ini adalah beberapa aksi berbahaya yang dilakukan oleh Renae Moneymaker sebagai Stuntwoman:

Meskipun aksi-aksi yang dilakukan oleh seorang Stuntman ini terbilang sangat beresiko, tapi sama sekali tidak mematahkan keinginan orang-orang hebat ini untuk tetap menjadi seorang Stuntman atau peran pengganti.

Layaknya sedang melakukan hobi, para pemeran pengganti ini sangat menikmati peran yang juga sebagai karir bagi mereka ini. Pekerjaan mereka ini layak untuk mendapatkan apresiasi yang baik dan pantas untuk mendapatkan bayaran yang tinggi. Mengingat yang mereka lakukan adalah pertaruhan nyawa.