Resmi Tayang di Indonesia, Inilah Fakta Film Avengers: Endgame

Penantian penggemar superhero Marvel terhadap seri pamungkas Avengers: Endgame akhirnya berakhir. Penggemar film Avengers, tentu sangat menanti-nantikan kisah selanjutnya dari para hero ini dalam melawan Thanos. Seri terbaru Avengers: Endgame resmi tayang perdana di Indonesia tanggal 24 april 2019. Sejumlah bioskop di seluruh Indonesia menayangkan film teranyar rumah produksi Marvel Universe selama 24 jam penuh. Film yang dianggap sebagai akhir dari semua peristiwa yang terjadi di tiga fase itu punya banyak fakta penting. Beberapanya kita rangkum di bawah ini.

Fakta Film Avengers: Endgame

1. Film terpanjang Marvel Cinematic Universe

Merangkum kisah yang demikian rumit tentu bukan perkara mudah. Karena itu juga, faktanya, para penonton harus bersabar menyaksikkan kisah Avengers: Endgame yang berdurasi 3 jam 2 menit. Dengan durasi tersebut, film ini menjadi film terpanjang di sepanjang sejarah MCU.

2. Kisah yang dibangun selama satu dekade

Secara produksi, sutradara Anthony Russo dan Joe Russo memang merampungkannya dalam waktu setidaknya tiga tahun terakhir ini. Namun jika disadari, perjalanan film ini sebenarnya dibangun bersamaan dengan dirilisnya seri pertama film Marvel Cinematic Universe (MCU), yaitu melalui film Iron Man pada 2008 lalu. Dengan kata lain pembuatan kisah di film ini juga diawali sejak 11 tahun yang lalu.

3. Pesan dari sutradara

Susah payah membuat film Avengers: Endgame, tentunya para sineas di balik layar ingin memersembahkan yang terbaik. Apalagi film ini, akan menjadi penutup kisah perjalanan para penjuang di Avengers. Karena itu, beberapa hari sebelum film tersebut tayang, Russo Bersaudara berpesan lewat akun Twitter @Avengers, untuk tidak membocorkan kisah atau akhir cerita di film Avengers: Endgame. Di akhir surat tersebut, Russo bersaudara pun menyertakan tagar #DontSpoilTheEndgame, yang justru membuat fans semakin antusias dengan filmnya.

4. Avengers: Endgame merupakan film penutup

Film ini menjadi film ke-22 Marvel Cinematic Universe (MCU), yang melengkapi 21 film lainnya. Disebut juga sebagai penutup dari fase film MCU yang disebut dengan fase The Infinity Saga. Selain itu, film ini juga menjadi sekuel penting untuk kisah pada Avengers. Kisah Avengers sendiri dimulai sejak perilisan The Avengers pada 2012 lalu. Diikuti Avengers: Age of Ultron pada 2015, dan Avengers: Infinity War pada 2018 lalu.

5. Satu superhero yang bakal meninggal

Mengutip dari Grid.ID dalam berita sebelumnya diungkapkan bahwa produser film Avengers: Endgame ini mengatakan setidaknya ada 6 superhero yang akan mati. Di hadapanratusan penggemar di London, Inggris Anthony Russo mengatakan Avengers: Endgame bakal menjadi akhir dari perjalanan 6 karakter utamanya. “Inilah alasan mengapa kami menyebutnya Endgame. Kisah dari enam tokoh Avengers berakhir di dalam film ini,” kata Russo dikutip dari Express.co.uk.

6. Akan ada kilas balik ke masalalu dari setiap superhero

Khusus dalam film Avengers: Endgame ini, para superhero akan diajak untuk kilas balik ke masa lalu mereka masing-masing. Salah satu yang mungkin sudah diketahui adalah kilas balik Captain America. Di mana ia akan melihat foto kekasihnya dan melihat dirinya saat memakai seragam The Winter Soldier. Kalian para penggemar mungkin bisa ikut bernostalgia nantinya.

7. Pesan dari mereka yang sudah menyaksikkan

Belum genap sehari tayang, banyak komentar positif dan review yang bikin penasaran tentang film ini. Dari sekian banyak yang sudah menyaksikkan, banyak mengungkapkan film yang dibintang Robert Downey Jr. dan kawan-kawan ini sukses mengaduk emosi mereka. Pesan yang paling umum untuk yang belum menonton, yaitu jangan lupa membawa tisu ke dalam bioskop.

Nah, buat kamu yang sama sekali belum pernah menonton film produksi Marvel tapi ingin menonton film tersebut karena antusias banyak orang yang begitu tidak sabar melihat nya, tenang saja, biar ngga gagal paham saat menonton Avengers: Endgame berikut ini beberapa film Marvel yang wajib kamu tonton.

Biar Ngga Gagal Paham Kisah Avengers: Endgame, 6 Film Marvel Ini Wajib Ditonton

Antusiasme menonton film The Avengers: Endgame membuat orang-orang yang awalnya tidak menonton film Marvel juga ikut menyaksikan film paling ditunggu tahun ini. Namun, tentu rasanya tidak seru jika menonton The Avengers: Endgame tanpa mengetahui kisah-kisah sebelumnya, bukan?

Oleh karena itu, keinginan untuk menonton film-film Marvel sebelumnya pasti muncul, tetapi masalahnya sulit mencari waktu untuk menonton 21 film Marvel tersebut. Eits, tenang saja karena sebetulnya kamu hanya perlu menonton enam film Marvel agar paham dengan cerita pada The Avengers: Endgame nanti. Apa saja sih ke-6 film tersebut? Berikut adalah ulasannya untuk kamu.

1. Iron Man (2008)

Awal dari seluruh film semesta Marvel berhasil diwujudkan berkat kesuksesan besar film Iron Man yang rilis di tahun 2008 ini. Pada film ini kita akan mengetahui awal mula Tony Stark menjadi Iron Man dimulai dari perjuangan Tony Stark kabur dari teroris hingga akhirnya mengembangkan kostum Iron Man miliknya.

Sebelum menonton film puncak dari 21 film Marvel, tentu menonton awal mula dari semua film tersebut adalah kewajiban. Di sini, kita juga akan melihat bahwa ide awal pembentukan Avengers, suatu kelompok pahlawan super, memang sudah direncanakan sejak film Marvel pertama ini dirilis.

2. Captain America: The First Avenger (2011)

Film Avengers: Endgame dikatakan akan menjadi akhir dari perjuangan Captain America sehingga pastinya dia akan sangat banyak disorot. Oleh karena itu agar dapat memahami lebih dalam perjuangan sang pahlawan, kamu harus menonton film Captain America: The First Avenger yang rilis pada tahun 2011.

Film ini menceritakan perjuangan Steve Rogers yang sangat ingin berjuang untuk negerinya, tetapi terhalangi oleh tubuhnya yang kecil hingga akhirnya dia memperoleh serum prajurit super dan menjadi seorang pahlawan. Pada film ini, kita juga akan mengetahui kisah awal tameng yang menjadi simbol ikoniknya dan bagaimana sang pahlawan perang bisa muncul di dunia modern.

3. The Avengers (2012)

The Avengers adalah film pertama di mana para pahlawan super Marvel berkumpul dalam satu layar. Di sinilah mereka pertama kali mengetahui bahwa terdapat ancaman yang besar di luar bumi dan juga pertama kali Thanos mencoba menginvasi bumi. Meski ketika pertama kali mereka tidak akur, ketika Bumi terancam para pahlawan ini akhirnya bisa bersatu untuk melindungi bumi.

Pada film ini, kita diperkenalkan kekuatan asli Tesseract (salah satu Infinity Stones), hubungan antara Loki (adik Thor) dengan Thanos, serta awal dari ketakutan Tony Stark terhadap ancaman besar yang tidak mereka ketahui. Ada juga beberapa foto syuting Avengers: Endgame yang sangat mirip dengan scene di film The Avengers, jadi agar nanti lebih paham hubungannya maka film The Avengers wajib untuk ditonton.

4. The Avengers: Age of Ultron (2015)

Film ini adalah seri kedua dari film The Avengers yang menceritakan pertempuran tim Avengers melawan Ultron, sebuah program keamanan tingkat tinggi yang diciptakan Tony Stark. Pembuatan Tony Stark dipicu oleh ketakutan yang muncul dari film The Avengers terhadap musuh dari luar angkasa, tetapi sayangnya program buatannya itu justru membelot.

Pada film ini kita juga akan melihat kehangatan keluarga Hawk Eye yang menjadi alasan dia untuk pensiun pada film selanjutnya, yaitu Captain America: Civil War. Dari film ini jugalah rasa bersalah Tony Stark muncul karena secara tidak langsung membunuh banyak orang dengan ciptaannya, sehingga hal ini menjadi pemicu konflik di film Captain America: Civil War.

5. Captain America: Civil War

Captain America: Civil War menceritakan perseteruan antara dua kubu, yaitu kubu Captain America yang tidak setuju kelompok Avengers diawasi pemerintah dan kubu Iron Man yang setuju. Keputusan Tony Stark untuk setuju dilandasi rasa bersalah setelah kejadian di The Avengers: Age of Ultron, sehingga dia berpikir sekelompok manusia super tersebut harus diawasi gerakannya.

Hal ini membuat hubungan antar pahlawan super kita menjadi tegang dan kondisi diperparah dengan kemunculan Bucky Barnes a.k.a The Winter Soldier, teman seperjuangan Captain America semasa perang, yang terancam dihukum. Captain America yang tidak rela akhirnya memutuskan menyelamatkan temannya dan berujung pada keluarnya sang kapten dari tim Avengers.

6. The Avengers: Infinity War

Ini adalah film paling wajib untuk kamu tonton karena film The Avengers: Endgame adalah kelanjutan dari film ini. Namun, untuk memahami apa saja yang terjadi pada film The Avengers: Infinity War kamu sudah harus terlebih dahulu menonton kelima film Marvel diatas sehingga bisa jeli memperhatikan setiap adegan yang terjadi dalam film ini.

Dalam film The Avengers: Infinity War, Thanos yang menjadi musuh terbesar akhirnya berhasil mengumpulkan enam Infinity Stones dan berhasil menghapus setengah makhluk hidup di alam semesta. Hal ini membuat para Avengers marah dan ingin menuntut balas terhadap Thanos.

Apakah Avengers bisa membalaskan dendamnya terhadap Thanos? Jawaban pertanyaan ini hanya bisa diketahui pada film The Avengers: Endgame yang sudah tayang pada 24 April tahun ini. Sudah tidak sabar menontonnya? Yuk segera ke bioskop.