Wah Ternyata Ini Alasan Drama Korea Bikin Penggila Nya Ketagihan

Heihei. Apakah kamu salah satu orang yang juga ikutan kena demam hallyu wave? Atau bahkan kamu termasuk yang ketagihan banget sama yang namanya drama Korea? Emang sih nggak bisa dipungkiri kalau drama Korea merupakan salah satu unsur terkuat penyebaran hallyu wave di seluruh dunia. Nggak jarang banyak masyarakat di berbagai negara mulai tertarik sama kebudayaan Korea terlebih sehabis nonton drama Korea. Hal hasil, tiap kali judul drama Korea baru bikin ketagihan buat ditonton terus-terusan. Termasuk kamu juga kan? Nah, sebenarnya apasih yang bikin banyak orang sampai rela kena demam drama korea. Yuks simak ulasan berikut ini~

Awal Mula Munculnya Drama Korea

Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Tiongkok dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah bahasa hallyu wave? diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Timur Tengah. Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya Korea ke berbagai negara. Pemerintah Korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam mewabahnya drama korea sehingga mampu membuat ketagihan para penggila serial drama korea.

Ini Alasan Kenapa Drama Korea Bikin Ketagihan:

1. Jarang Punya Cerita yang Ruwet

Seperti apa yang kita tahu bahwa banyak remaja kayak kita jenuh akan sinetron buatan anak bangsa sendiri yang cenderung ruwet dan ending nya gatau akan berakhir, iyakan guys? bahkan ada yang tokoh utamanya udah gak ada, masih aja ada filmnya, jelas dengan jalan cerita yang hilang arah. Well, kamu bakalan jarang buat nemuin hal ini di drama Korea (drakor). Apalagi drakor yang panjang episodenya cuman 16 aja, nah ini yang buat banyak orang mungkin pecinta drama korea ketagihan.

2. Punya banyak Scene yang Estetikanya kuat

Yang bikin ketagihan, salah satunya adalah drama korea selalu memiliki scene dengan angle yang penuh dengan nilai estetika, yang buat mata gak berhenti berbinar-binar dan alias bikin baper gitu, Bahkan bukan hanya baper karena cerita, tapi baper pingin ke tempat indah yang ada di scene itu…. Kayaknya sih hampir semua  drama korea pasti mengunggulkan scene dengan panorama dan nilai estetika yang tinggi dalam filmnya. Banyak juga tempat yang tadinya dibuat shooting jadi destinasi wisata wisatawan lokal maupun internasional, misal hutan yang di film Winter Sonata dan bangunan kerajaan di Princess Hours.

3. Banyak Ilmunya

Selain terkenal akan kisah romantisnya, sedihnya, misteriusnya, pokoknya yang drama banget deh, drama korea selalu menyelipkan ilmu di dalamnya. Ya, ilmunya sesuai dengan jalan cerita mereka dong, misalkan tentang dokter yang banyak ilmu tentang kedokteran, minimal kamu bisa nambah kosa kata medis dalam beberapa adegan filmnya, nah kalau politik setidaknya kamu bisa sedikit tau taktik politik dan apa aja yang dilakukan orang yang bergerak dibidang politik, begitupula jika ceritanya tentang dunia broadcasting maupun jurnalistik kalian bakalan dibawa ke dunia broadcasting atau seolah-olah sedang bekerja di dalamnya dan masih banyak lagi. Keren dan menarik bukan? Bisa istirahat sambil nambah ilmu deh.

4. Tau tentang Budaya Korea

Yaps drama korea mana sih yang gak nampilin scene budaya mereka? Minimal makanan, upacara kematian atau minum sake? Salut buat pembuat dan penulis drakor atau bahkan mentri pariwisata atau industri kreativ ya? Yang punya kebijakan bahwa seluruh film buatan negri gingseng harus selalu menempelkan budaya mereka di setiap karya-karyanya. Jadi penonton di belahan dunia manapun pasti ngiler buat pingin tau lebih dalam minimal pingin tahu rasanya makanan Korea tersebut yakan?

5. Memiliki Peforma yang Totalitas

Selain ganteng dan cantik, aktris dan aktor Korea juga memiliki peforma yang totalitas, tidak terlihat dibuat-buat dan seolah-olah mereka benar-benar menjadi karakter yang diperaninya. Hal tersebut gak jarang buat pecinta drama korea buat susah moveon ke drama lain bahkan ke dunia nyata,  hingga tetep nganggep aktor itu bener-bener vampir, alien atau dokter mungkin? Heheh… Iyakan… Hayo ngaku aja dehh.

Dampak Positif Dan Negatif Dari Efek Drama Korea

Ya guys, mungkin itu sebagian pendapat orang akan kecintannya terhadap drama korea. Nah, untuk itu ada baiknya juga kita mengetaui akan dampak dari serial drama korea. Salah satu dampak positif yang pernah ada adalah dengan Munculnya boyband atau girlband di Indonesia yang jelas terinspirasi dari masuknya budaya korea tersebut. Bukan hanya itu saja demam korea juga menjadi suatu bisnis yang dimanfaatkan oleh beberapa kalangan. Contohnya media masa dan bahkan ada website yang memanfaatkan demam korea ini.

Di sisi lain nya pun dampak negatif nya juga ada. Salah satunya adalah masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai produk korea. Seperti lagu korea, musik korea, boyband atau girlband korea. Dan berkurangnya rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia sendiri. Mereka terlalu mendewa-dewakan produk korea tersebut dan menganggap bahwa produk Indonesia tidak ada apa-apanya. Masyarakat menyita waktu mereka untuk menonton drama korea yang dapat mereka tonton di televisi atau DVD.
Well, itu lah dia awal mula, alasan dan dampak dari serial drama korea. Untuk yang gak setuju dengan alasan yang ada diatas saya selaku penulis meminta maaf akan hal tersebut. Have fun ya guys~